Pages

Friday, March 29, 2013

Uji kualitatif Untuk Alkohol dan Fenol (part 1)

Umumnya pengujian di laboratorium diperlukan reaksi-reaksi kimia yang dapat membantu dalam membedakan alkohol dan fenol dan antara senyawa-senyawa alkohol sendiri. Dibawah ini pengujian yang sering dipakai :
 1. Uji Lucas
Uji ini dilakukan untuk membedakan alkohol-alkohol primer, sekunder, dan tersier yang dapat larut dalam air. Reagen Lucas merupakan suatu campuran asam klorida pekat dengan seng klorida. Seng klorida adalah suatu asam lewis, yang ketika ditambahkan ke dalam asam klorida akan membuat larutan menjadi lebih asam. Alkohol tersier yang larut dalam air akan bereaksi dengan reagen Lucas dengan cepat membentuk alkyl klorida yang tak larut dalam larutan berair. Sementara pembentukan fasa cair kedua yang terpisah dari larutan semula di dalam tabung reaksi segera setelah alkohol bereaksi merupakan indikasi keberadaan alkohol tersier.
Alkohol sekunder bereaksi lambat, setelah sedikit pemanasan akan terbentuk fasa cair lapisan kedua, biasanya sekitar 10 menit (Alkohol primer dan metanol tidak bereaksi pada kondisi ini). Pada alkohol tersier, atom klor biasanya terikat pada atom karbon yang sebelumnya mengikat gugus –OH. Pada alkohol sekunder, seringakali atom klor ini terikat pada atom karbon yang mengikat gugus hidroksi, namun penataan ulang dapat saja terjadi, yang mengakibatkan terikatnya atom klor  pada atom karbon yang sebelumnya tidak mengikat –OH.
 2.  Uji Asam Kromat
Alkohol primer dapat teroksidasi menjadi asam karboksilat denagn adanya asam kromat. Dimana bilangan oksidasi Cr6+ pada asam kromat, yang berwarna merah kecoklatan tereduksi menjadi Cr+3 yang berwarna hijau. Sementara alkohol sekunder teroksidasi menjadi keton oleh asam kromat. Untuk alkohol tersier tidak dapat teroksidasi oleh asam kromat dan Fenol biasanya teroksidasi menjadi berwarna coklat oleh asam kromat. Oleh karena itu, reaksi ini di satu sisi dapat membedakan alkohol primer dan sekunder, dan disisi lain membedakan alkohol primer dan sekunder dengan alkohol tersier.

0 comments:

Post a Comment